Tips Cara Merawat Baju di Lemari Supaya Awet untuk Jangka Panjang

Tips Cara Merawat Baju di Lemari Supaya Awet untuk Jangka Panjang

Tips Cara Merawat Baju di Lemari Supaya Awet untuk Jangka Panjang--

 

Merawat baju di lemari untuk jangka panjang memerlukan beberapa langkah penting agar pakaian tetap dalam kondisi baik, tidak rusak, dan bebas dari bau tak sedap. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai cara merawat baju di lemari untuk jangka panjang:

1. Pastikan Pakaian Bersih Sebelum Disimpan

Cuci baju dengan baik sebelum menyimpannya. Noda yang tidak dibersihkan bisa menimbulkan bau atau menarik serangga seperti ngengat. Jika pakaian hanya digunakan sebentar, pastikan untuk diangin-anginkan sebelum disimpan kembali ke dalam lemari.

2. Pastikan Pakaian Kering Sempurna

Pakaian yang sedikit lembap saat disimpan dapat menimbulkan jamur atau bau apek. Jemur baju sampai benar-benar kering sebelum dilipat dan disimpan di lemari.

3. Gunakan Penggantung yang Sesuai

Untuk pakaian seperti jas, blazer, atau gaun, gunakan gantungan dengan bantalan atau gantungan kayu yang lebar agar tidak meninggalkan bekas pada bahu pakaian. Hindari menggantung pakaian yang terbuat dari bahan rajutan atau kain yang berat, karena bisa menyebabkan bentuknya berubah atau melar.

4. Atur Pakaian Berdasarkan Jenis

Pisahkan pakaian berdasarkan kategori seperti pakaian formal, kasual, atau bahan khusus misalnya, bahan wol atau sutra. Ini membantu memudahkan akses dan mencegah kerusakan akibat gesekan antara bahan yang berbeda. Lipat pakaian yang tidak memerlukan gantungan, seperti kaus dan pakaian berbahan katun. Hindari melipat pakaian yang mudah kusut atau bisa kehilangan bentuknya.

 

BACA JUGA: 7 Cara Merawat Baju Supaya tidak Bau Apek

 

5. Sirkulasi Udara yang Baik dalam Lemari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: